7 KEBIASAAN BURUK MAHASISWA YANG MESTI KAMU HINDARI

Tidak bisa dipungkiri, bahwa kadang kala seorang mahasiswa terjebak dalamhabits atau kebiasaan yang buruk dalam tugasnya untuk belajar. Hal itu merupakan suatu fenomena yang wajar, namun jika kebiasaan tersebut berkelanjutan dan tiada hentinya sanga besar kemungkinan bahwa itu akan mengganggu kehidupanmu sebagai seorang mahasiswa. Kamu perlu untuk mengetahui kebiasaan buruk mahasiswa yang perlu kamu hindari demi mencapai kesuksesanmu. Apa saja kebiasaan buruk itu, saya merangkumkannya menjadi 7 poin berikut, simak ya.

1. Baru bekerja ketika deadline sudah dekat
Kebanyakan kita baru mengerjakan tugas-tugas ketika deadline atau tenggat waktu sudah hampir tiba. Sehari sebelum tanggal yang ditentukan atau bahkan beberapa jam. Padahal jika dilihat dari waktu yang diberikan kita memiliki banyak waktu. Namun kebiasaan menunda pekerjaan menjadikan alokasi waktu yang panjang itu menjadi tidak berguna. Tugas yang diberikan selama 1 minggu jatuhnya sama dengan satu hari. Atau barangkali banyak yang menganut paham “the power of kepepet” kali ya. Tapi gak gitu juga, Sob. Masuk akal kalau kepepet karena memang sebelum-sebelumnya punya kesibukan sehingga tidak bisa mengerjakan tugas, beda cerita kalau sebelumnya malah banyak mainnya. Maka, hindarilah kebiasaan yang satu ini, mari belajar untuk tidak menunda-nunda pekerja.

2. Menggunakan kafein untuk menyelesaikan masalah
Berkaitan dengan poin pertama, seringkali mahasiswa bergantung pada kafein yang dikandung kopi untuk menyelesaikan masalahnya. Ketika harus mengerjakan tugas yang ditunda-tunda, terpaksa begadang lalu menyeduh kopi. Maunya sih mata tetap terjaga tapi tahukah kamu, bahwa kafein memiliki puluhan efek negatif pada tubuh, dua di antaranya adalah menyebabkan sakit kepala dan menghilangkan fokus.

3. Begadang semalaman demi pekerjaan
Pekerjaan sudah menumpuk, waktu mepet pula, alhasil di waktu yang tersedia harus bisa menyelesaikan semuanya. Maka muncullah pilihan untuk begadang semalaman. Ditemani kopi dan musik berkutat dengan tugas-tugas.Please deh, butuh berapa cangkir kopi sepanjang malam? Ini bukan judge tanpa alasan. Kurang tidur akan mengganggu konsentrasimu serta merusak tubuhmu. Hindarilah begadang sebisa mungkin dengan mengatur ulang jadwal. Usahakan sudah tidur pada jam 10 atau 11 malam, jika ingin bangun lagi bangunlah pada jam 2 atau jam 3 (sekalian shalat tahajud bagi yang muslim).

4. Membuka media sosial ketika sedang belajar atau mengerjakan tugas
Kebiasaan satu ini barangkali sering dilakukan oleh mahasiswa. Saat tengah belajar masih sempat untuk membuka media sosial. Alhasil perhatian antara belajar/mengerjakan tugas terbagi dengan perhatian ke media sosial (apalagi kalau ada yang ngajak chat). Terkadang porsi waktu untuk membuka media sosial malah lebih banyak dari untuk belajarnya. Hmm. Hindariah kebiasaan ini, kalau perlu singkirkan semua gadget, matikan koneksi internet dan fokuslah untuk belajar.

5. Bekerja di kamar dan di atas kasur
Kalau mau serius belajar atau bikin tugas, tolong jangan belajar di atas tempat tidur, Sob. Meski tidak terbukti secara ilmiah namun tempat tidur adalah benda dengan grafitasi terbesar di dunia. Belajar atau membuat tugas di atas tempat tidur butuh energi yang lebih besar dan tekad yang kuat untuk menghadapi godaan. Carilah tempat yang lebih kondusif untuk belajar, kalau bisa bukan di kamar, agar konsentrasimu terjaga.

6. Menyepelekan masalah
Masalah kecil ataupun besar jangan pernah disepelekan. Ketika kamu menemukan masalah, masukkanlah masalah itu ke dalam daftar dan jadwalkan untuk diselesaikan secepat mungkin. Masalah yang disepelekan bisa jadi menjadi sandungan bagimu. Ia bisa pula menjadi seperti bola salju yang menggelinding dan semakin besar seiring berjalannya waktu.

7. Stres berat ketika mendapatkan kegagalan
Sudah belajar, sudah bikin tugas, rajin masuk ke kelas tapi masih gagal juga. Ah. Lalu mencari-cari kesalahan dosen atau siapapun yang layak di kambing hitamkan. Jangan lakukan itu. Kegagalan adalah sesuatu yang wajar,yang tidak wajar itu saat tidak bangkit setelah gagal. Stres di awalnya mungkin wajar tapi jangan berkepanjangan. Jadikanlah kegagalan itu sebagai pemantik semangat untuk berusaha lebih baik lagi. Mungkin saja usaha kita yang belum cukup, pasti ada hikmah di balik itu.

Itulah 7 kebiasaan buruk mahasiswa yang perlu kamu hindari. Jauhkanlah diri kita dari hal yang melalaikan, lakukan sesuatu dengan efektif dan efisien. Waktu itu sangat berharga.

Asiknya jadi mahasiswa tak terulang dua kali.

Check Also

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Tanpa Kursus

Banyak sekali yang berusaha mencari tahu mengenai cara mudah belajar Bahasa Inggris, tapi sebelum kamu ...

Komentar Pembaca