Ini Dia 5 Alasan Mahasiswa Mesti Masak.

Kehidupan mahasiswa yang super sibuk dan (kadang) tidak teratur membuat mereka cenderung menyukai hal-hal yang serba praktis, termasuk soal makanan. Jika ditanya, mereka sebenarnya pasti tahu akan tidak baiknya makanan praktis untuk kesehatan tapi apalah daya, banyak faktor yang menyebabkan mahasiswa terjerumus ke dalam budaya itu. Salah satu dari faktor itu adalah karena banyak mahasiswa tidak bisa masak (atau mungkin juga malas masak). Nah, agar tidak malas, ini lho 5 alasan mahasiswa harus bisa masak, yuk disimak.

alasan mahasiswa harus bisa masak
Memasak (via pixabay.com)

 

Agar hidup mahasiswa bisa lebih sehat

Alasan pertama tentu saja agar kehidupan mahasiswa lebih sehat. Kita semua tahu bahwa mahasiswa suka sibuk, jika kesibukan tersebut tidak diiringi dengan suplai gizi yang cukup dari makanan sehat maka dipastikan mahasiswa akan gampang sakit. Kalau sudah sakit semuanya jadi susah. Kuliah, bikin tugas dan aktifitas lain jadi terhambat. Nah, ketika memasak, kita bisa memilih bahan-bahan yang sehat dan mengontrol kehigienisannya ketimbang beli makanan di luar.

Biar hemat

Alasan lain mengapa mahasiswa harus bisa masak adalah agar hidup mereka bisa lebih hemat. Memasak akan membantumu mengurangi pengeluaran harian karena tidak harus belanja makanan di luar. Membeli bahan makanan dan memasaknya akan lebih murah. Uang yang berlebih bisa juga disimpan buat cadangan kalau-kalau dompet menipis.

Mandiri

Saat di rumah kalau mau makan tinggal ke meja makan atau dapur, saat sudah menjadi kos tidak bisa seperti itu lagi. Mahasiswa yang ngekost kudu/harus/mesti/wajib untuk belajar mandiri. Belajar masak sendiri dan makan sendiri. Kemandirian akan menimbulkan kedewasaan. Buat kamu yang perempuan bisa sekalian latihan masak, agar kalau sudah berumah tangga nanti kemampuannya sudah setara master chef.

Lebih banyak varian menu

Hari ini telur dadar, besok telur mata sapi, lusa telur rebus dan seterusnya. Ah, bukan bukan. Ketika mahasiswa memutuskan untuk memasak mereka bisa memilih menu harian yang tidak itu-itu saja. Kamu bisa mengganti-ganti menu masakan sesuai dengan keinginan hati atau mungkin mencoba resep baru.

Tidak perlu buang-buang waktu

Saat masih suka membeli makanan keluar akan banyak waktu yang dihabiskan di perjalanan, ketika memasak waktu tadi tidak akan terbuang percuma. Waktu yang biasanya terpakai untuk pergi membeli makanan bisa dialihkan untuk kegiatan lain yang lebih bermanfaat.
Setelah mengetahui 5 alasan mahasiswa harus bisa masak di atas apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Memasak memang membutuhkan niat dan waktu khusus, tapi semuanya setimbang dengan manfaat yang akan kamu dapatkan. Jika memang tidak bisa memasak secara rutin, mungkin sesekali perlu dicoba. Salam semangat.
fadli.xyz

Check Also

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Tanpa Kursus

Banyak sekali yang berusaha mencari tahu mengenai cara mudah belajar Bahasa Inggris, tapi sebelum kamu ...

Komentar Pembaca