KKN Universitas Andalas Ditiru Universitas Se-Asia pasifik

Komunitas universitas se-Asia Pasifik atau Apucen mengadopsi metode dan pedoman pelaksanaan kuliah kerja nyata (KKN) yang dikembangkan Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat. Informasi itu mencuat saat pertemuan universitas se-Asia Pasifik di Australia pada 3-5 November.

“Adopsi dilakukan dengan menerjemahkan pedoman KKN tersebut ke dalam bahasa Inggris sehingga dapat digunakan oleh perguruan tinggi lain yang merupakan anggota Apucen,” kata Rektor Unand Prof. Werry Darta Taifur, di Padang, seperti dilansir kantor berita Antara, Jumat (13/11/2015).
y8PhtUTMpZ-1
Dia menyebutkan metode ini mencakup ketentuan yang telah disepakati oleh civitas akademika tentang pelaksanaan KKN yang telah dilakukan oleh mahasiswa dalam empat tahun terakhir. Termasuk di dalamnya syarat ikut KKN, pemilihan lokasi KKN dan program yang direalisasikan dalam KKN. Selain itu beberapa pedoman pengabdian masyarakat Unand lainnya pun ikut diadopsi oleh Apucen. “Pengadopsian ini menjadi keberhasilan Unand setelah melakukan perjuangan yang cukup panjang,” kata dia.

Perjuangan pertama adalah saat Unand terpilih menjadi tuan rumah pertemuan Apucen pada 2013. Saat itu, konsep KKN Unand pertama kali dipresentasikan. Kemudian pada 2014 Unand terpilih menjadi salah satu anggota Apucen. Terakhir pada 2015 dalam pertemuan di Thailand. Saat itu Unand diminta melengkapi dokumen penerjemahan metode KKN.

Dan pada kongres di Australia Apucen mengesahkan dokumen tersebut menjadi pedoman anggota Apucen. “Hal ini menjadi salah satu tujuan Unand melakukan internasionalisasi beberapa programnya,” katanya.

Unand juga mengupayakan pertukaran mahasiswa ke luar negeri dan mengejar akreditasi internasional Abet dan AUN-QA. Unand juga mengirim dosen atau mahasiswa untuk mempresentasikan makalahnya di universitas mancanegara. “Semua upaya itu agar Unand meraih pengakuan sebagai perguruan tinggi berbadan hukum dan berkelas dunia,” ucapnya.

Salah satu mahasiswa Pascasarjana Unand, Amir Syarifuddin, berharap keberhasilan itu tak berhenti sebatas pengadopsian. Dia berharap Unand terus mengembangkan model pengabdian masyarakat, terutama di dunia internasional. “Kami berharap para dosen juga ikut mengadopsi model pengabdian masyarakat di luar negeri,” kata dia.

Uwa/metrotvnews

Check Also

Lowongan Kerja

LOWONGAN KERJA  ================ Dibutuhkan Tenaga DESAINER, untuk mengerjakan beberapa desain untuk proyek yang sedang kami ...

Komentar Pembaca