Mahasiswa Unand Ikuti Ajang Shell Eco Marathon Asia 2016

Peningkatan kemampuan mahasiswa tidak hanya bisa dilakukan didalam kelas saja namun juga bisa dilakukan dengan bersaing dan mengikuti kompetisi yang bergengsi. Dengan mengikuti kompetisi mahasiswa bisa mengukur kemampuannya dan lebih termotivasi untuk meningkatkan prestasi. Mendukung hal itu, Wakil Rektor III Unand Prof. Dr. Ir. Hermansah, M.Sc mendelegasikan I Tim dari Fakultas Teknik Unand Jurusan Teknik Mesin untuk mengikuti ajang perlombaan ditingkat Asia. Perlombaan ini bernama Shell Eco Marathon Asia 2016 dalam bidang perlombaan Mobil Hemat Energi yang diadakan di Manila, Filipina.

Sebelum melakukan keberangkatan pada tanggal I Maret 2016 ke Manila, Filipina, Wakil Rektor III Unand melepas secara resmi delegasi Unand yang bernama Tim Dubalang pada Kamis, (25/2) di ruang kerja Wakil Rektor III, PKM Lantai II Kampus Unand Limau Manis Padang.

Ketua Tim Dubalang, Syaderli Israq mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik angkatan 2012 mengatakan bahwa Tim Dubalang ini terdiri dari 10 orang dari Fakultas Teknik Jurusan Teknik Mesin. Tim Dubalang merupakan tim pertama yang merancang dan membuat Mobil Hemat Energi di Universitas Andalas.

Tim Dubalang telah merancang Mobil Hemat Energi dalam kategori Prototype berbahan bakar gasoline dengan rancangan bodi yang lebih aerodinamis, struktur chassis yang ringan, serta meningkatkan efisiensi senergi dari sistem mesin dengan harapan Tim Dubalang Unand akan meraih nilai terbaik pada kategori prototype berbahan bakar gasoline.

Mengikuti kegiatan ini tentu akan memacu semangat mahasiswa untuk bisa menimbulkan ide-ide kreatif untuk menciptakan mobil hemat energi yang berguna bagi masyarakat. Selain itu, karena ajang ini diikuti oleh seluruh negara di Asia tentunya ajang ini juga akan memperkenalkan Universitas Andalas kepada negara-negara lain di Asia.

Senada dengan itu, Wakil Rektor III Unand saat melepas Tim Dubalang mengungkapkan kebanggaannya kepada mahasiswa yang memiliki jiwa-jiwa kompetisi. Karena dengan mengikuti kompetisi tentu akan banyak lagi pengetahuan yang didapatkan. Apalagi sekarang ajangnya meliputi ajang internasional. Tentu banyak hal yang akan mahasiswa temui diluar sana untuk menambah pengetahuannya.

Tidak hanya itu, Wakil Rektor III juga menyampaikan harapannya agar mahasiswa tetap fokus untuk mengikuti kompetisi tersebut, karena dengan fokus dan serius tentu kompetisi dapat dijalankan dengan baik. Kalah dan menang itu bukan persoalan utama, yang terpenting adalah keberanian untuk bersaing dengan orang-orang yang belum tahu kemampuannya adalah hal yang patut untuk diapresiasi.

Wakil Rektor III juga berpesan agar mahasiswa tidak cepat puas dengan karya yang telah dihasilkan, namun tetaplah selalu melakukan improvisasi dan perbaikan dengan cara belajar menerima kekurangan dan menerima pendapat orang lain.

Disamping itu, Wakil Rektor III menghibau kepada mahasiswa lainnya agar termotivasi dan mencontoh kawan-kawannya yang telah mengikuti ajang-ajang kompetisi baik ditingkat nasional maupun internasional. Selain kompetisi itu akan meningkatkan nama baik Unand, kompetisi itu juga akan meningkatkan pengetahuan dan pengalaman mahasiswa.

a


 

www.unand.ac.id

Check Also

Beasiswa Bidik Misi untuk Lanjut Studi S2 dan S3 di Jepang

Call For Donation Mari Peduli Support Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidik Misi untuk Lanjut Studi S2 ...

Komentar Pembaca