SAMBUT MAHASISWA BARU, UNAND ADAKAN TRAINING ANDALASIAN CHARACTER

training andalasian character

[Rabu, 15 Juni 2016] Karakter andalasian kembali disuguhkan Universitas Andalas kepada generasi-generasi baru kampus (mahasiswa baru angkatan 2016). Ini merupakan gelombang kedua setelah pada dua hari sebelumnya [13/14] gelombang pertama sukses dilaksanakan.

Pada gelombang pertama, sebanyak 984 mahasiswa baru yang tergabung dalam program studi saintek (mencakup Fakultas Teknik, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Pertanian, dan Teknologi Pertanian) jalur SNMPTN Undangan memadati Auditorium Universitas Andalas untuk mengikuti agenda yang berlangsung selama dua hari per gelombang ini.

Setelah sukses diangkatkan di gelombang pertama, hari ini [15/06/2016] ratusan mahasiswa baru dari prodi sosial juga memadati Auditorium untuk mengikuti training gelombang kedua.

Muhammad Yusri, Mahasiswa jurusan Ilmu Hukum angkatan 2013 yang merupakan koordinator tim asisten training karakter andalasian mengemukakan bahwa terdapat perbedaan konsep antara training tahun ini dengan tahun sebelumnya.

“Agenda training tahun ini dikonsep jauh lebih rapi dari tahun sebelumnya, dimana pada tahun ini pembagian kerja dari masing-masing asisten trainer lebih terstruktur dan bekerja sesuai bidang yang telah dibuat. Tidak seperti tahun kemarin yang belum ada pembagian bidang kerja untuk para asisten trainer..Namun tujuan agendanya tetap sama yaitu membentuk karakter andalasian bagi seluruh mahasiswa baru.” Ujar Ayus, begitu beliau kerap disapa.

Agenda ini merupakan salah satu dari beberapa agenda yang dipersembahkan pihak universitas dalam upaya menciptakan generasi-generasi baru yang berkarakter, berbudi luhur serta berjiwa kebangsaan yang kuat.

Pukul 08.30 WIB, agenda ini dibuka secara resmi oleh rektor universitas Andalas. Dalam sambutannya, rektor Universitas, bapak Prof. Dr. Tafdil Husni, SE., MBa., memperkenalkan seluruh pimpinan dan jajaran universitas kepada seluruh mahasiswa baru. Diiringi riuh tepuk tangan dari seluruh peserta, dalam sambutan itu rektor juga menyampaikan beberapa pesan dan nasihat untuk seluruh mahasiswa baru di dalam ruangan.

“Saya ucapkan selamat kepada ananda semua, yang telah berhasil menjadi bagian dari keluarga besar Universitas Andalas. Generasi terbaik yang berhasil menjadi 5300 orang terbaik dari 30.094 pesaing yang ingin melanjutkan studi ke kampus ini. Untuk itu, jangan sia-sia kan. Belajarlah dengan tekun dan serius. Serta terus junjung tinggi karakter andalasian yang akan Ananda dapatkan mealui kegiatan training ini..” Tukas rektor dalam sambutannya.

Setelah sambutan selesai, acara dianjutkan dengan pengenalan profil karakter andalasian dan pengenalan sepuluh orang trainer yang akan memandu acara selama gelombang pertama ini berlangsung. Pukul 08.45 WIB acara training dimulai.

Mengenai konsepan training karakter andalasian, Kurniadi Ilham, S.Si.,M.Si. selaku trainer, ketika diwawancarai menjelaskan,

“Dalam upaya menanamkan nilai-nilai karakter andalasian ini kepada seluruh mahasiswa baru, kita telah mengonsep training ini menjadi delapan sesi. Pada sesi pertama, seluruh peserta kembali disegarkan dengan jayanya peradaban islam di zaman dahulu, juga disegarkan akan mirisnya keadaan bangsa Indonesia saat ini, dengan tujuan untuk membangkitkan kembali harga diri peserta sebagai bagian dari bangsa Indonesia. Sesi kedua merupakan pengenalan karakter-karakter andalasian (Karakter Sejati), yaitu karakter semangat, empati, jujur, adil, tanggung jawab dan ikhlas. Pada sesi ketiga dan keempat, peserta dibawa untuk memuhasabah diri, terkait dari mana sebenarnya mereka berasal, untuk apa mereka diciptakan, serta akan seperti apa mereka kembali kepada pencipta-Nya. Sesi kelima, menyusun visi memperkenalkan salah satu dari karakter sejati “visioner”, sehingga harapannya peserta bisa menjadi pribadi yang visioner dalam menjalankan kehidupannya. Serta pada sesi enam hingga delapan, disebut dengan aktivitas call to action, dimana para peserta diminta untuk menyusun rencana tingkat lanjut yang akan mereka capai di masa depan mereka.”

Karakter andalasian tahun ini terdiri atas empat gelombang. Dua gelombang pertama telah dilaksanakan mulai hari senin (13/06/2016) hingga hari kamis (16/06/2016) untuk mahasiswa jalur SNMPTN Undangan, serta dua gelombang selanjutnya akan dilaksanakan di bulan juli untuk mahasiswa jalur SBMPTN dan Mandiri. [Qori Ahmad]

About Qori Ahmad Solihin

Check Also

Pengurus KAMMI Universitas Andalas Resmi Dilantik

Padang (9/4) – Pengurus Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia Komesariat Universitas Andalas atau yang disingkat ...

Komentar Pembaca