Walau Belajar Dengan Sistem Kebut Semalam, Ini 10 Cara Agar Kamu Tetap Sukses Dalam Ujian

Siapa sih dari kamu yang belum pernah melakukan sistem kebut semalam alias begadang semalaman karena besoknya ada ujian? Walaupun tidak sehat dan kadang malah kurang efektif, tapi sistem begadang ini terbukti jadi andalan para mahasiswa pada saat musim ujian. Menghapal materi semalam suntuk, terjaga sampai dini hari demi memasukkan sebanyak materi ke dalam kepala, menahan kantuk sekuat tenaga agar bisa mengerjakan soal ujian dengan baik keesokan harinya jadi sahabat baik mahasiswa mendekati musim ujian tiba.

Tapi benarkah sistem SKS ini tidak akan membuatmu sukses dalam ujian? Benarkah materi yang terhapal akan segera kamu lupakan? Demi perjuanganmu bertahan semalaman dan tentunya nilai yang baik dalam ujian — artikel ini dibuat khusus untukmu.

 

 

1. Karena kamu bukan vampir yang bisa terjaga semalaman tanpa mengantuk, isi tenagamu dulu sebelumnya dengan ritual tidur siang

tidur siang sebagai amunisi

Untuk mempersiapkan malam panjangmu, gak ada salahnya kamu tidur siang terlebih dahulu. Tidur siang akan membuatmu lebih tahan lama untuk membuka mata dan tetap terjaga. Jika memang kamu tidak sempat untuk tidur siang, mungkin kamu bisa membatasi aktivitas harianmu supaya tidak terlalu padat sehingga membuatmu cepat lelah dan ingin tidur lebih awal. Selain itu, kamu bisa juga mengonsumsi vitamin C supaya kesehatan tubuhmu tetap terjaga dan kamu tidak gampang terserang flu ringan.

 

 

2. Sebelum tenggelam dalam buku diktat dan bacaan, bangun dulu pemahaman bahwa– apapun yang terjadi– malam ini kamu harus terjaga demi masa depan

bangun moodmu dari awal

Membangun mood di awal hari juga bisa menjadi kunci sukses keefektifanmu dalam belajar semalam suntuk. Mungkin kamu bisa menanamkan pemahaman kepada diri sendiri bahwa nanti malam kamu akan butuh begadang demi tercapainya ujian di keesokan harinya. Membangun mood juga bisa kamu lakukan dengan cara mengajukan jadwal harianmu lebih awal supaya kamu mempunyai sedikit waktu untuk mempersiapkan diri sebelum belajar. Bangun siang dan mandi sore lebih awal bisa jadi cara jitu lainnya yang bisa kamu lakukan demi mempersiapkan mood baikmu sebelum mulai tenggelam dalam buku diktat dan catatan.

 

 

3. Karena kecil kemungkinan pacar dan temanmu bisa menemani, siapkan pendampingan dari camilan dan segelas kopi

siapkan camilan sebagai teman

Selain menyiapkan kesiapan diri sendiri, kamu juga bisa menyiapkan kopi dan camilan yang akan menemani acara begadangmu malam ini. Kandungan kafein pada kopi sudah terbukti bisa menghambat zat kimia penyebab kantuk dan bisa meningkatkan adrenalin. Namun, yang perlu diingat mengonsumsi kopi tidak boleh lebih dari tiga cangkir (200 miligram kadar kafein) per hari karena akan mengganggu kesehatanmu.

Bagi kamu yang tidak bisa mengonsumsi kopi karena memiliki sakit maag, kamu bisa mengonsumsi teh. Teh juga memiliki kandungan kafein dan bisa mencegah kantuk. Aroma wangi yang kuat dari teh juga bisa membuat matamu tetap terjaga di malam hari. Untuk camilannya, cukup camilan ringan saja ya, karena camilan berat akan membuat perut cepat kenyang dan bisa menyebabkan kantuk.

 

 

4. Jangan lupa untuk menyiapkan segala catatan dan buku pendukung yang memuat segala materi dari jauh-jauh hari

siapkan segala buku diktat dan catatan

Buku catatan yang lengkap beserta buku diktat juga harus kamu persiapkan sebelumnya. Catatan lengkap yang berisi segala materi untuk ujian keesokan harinya sangat penting. Kamu bisa meminjam dan menyalin catatanmu milik temanmu. Jika kamu terlalu malas untuk menyalin catatan, kamu bisa memfotokopinya. Buku diktat juga tak kalah pentingnya untuk dipersiapkan karena disini kamu bisa menemukan materi yang terkadang tidak ada di buku catatan sekaligus ada soal-soal yang bisa digunakan untuk berlatih dan menguji kemampuan belajarmu.

 

 

5. Minimalisir gangguan dan buat ruang belajarmu senyaman mungkin

minimalisir gangguan

Setelah segala persiapan sudah kamu tempuh, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menjadikan ruang belajarmu menjadi tempat belajar yang nyaman. Mungkin kamu bisa membereskan buku-buku yang tidak terpakai dan segala macam benda yang memenuhi meja belajar. Penampilan meja belajar yang lapang akan menciptakan mood positif dan bisa membuat kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan.

Selain itu, persiapkan juga alat tulis yang memadai sehingga waktu belajarmu tidak habis untuk sekedar mondar-mandir mencari pulpen atau stabilo yang terselip entah di mana. Jika kamu hanya bisa belajar dengan kondisi lingkungan yang sepi, kamu bisa menyingkirkan dan mengalihkan gadgetmu ke mode diam selama belajar. Namun, jika kamu membutuhkan suara-suara yang ingin menemani belajarmu tetapi tidak mengganggu, dengarkan saja stasiun radio favoritmu yang sedang mengudara saat itu. Celoteh riang dengan tema obrolan yang ringan dari si penyiar bisa dijadikan teman dikala belajar.

 

 

6. Selagi otakmu masih segar, pelajari bagian yang paling sulit terlebih dahulu

pelajari materi yang terberat lebih dahulu

Biasanya otak membutuhkan waktu penyesuaian terlebih dahulu sebelum akhirnya bisa terfokus secara sempurna. Tiap orang memiliki waktu adaptasi secara berbeda-beda, ada yang 5 menit ada pula yang membutuhkan waktu hingga 30 menit. Di saat kamu sudah merasakan bahwa ini adalah waktu terbaikmu untuk belajar dan segar dalam menyerap materi, segera beralihlah pada materi yang tersulit untuk dipelajari atau dihapalkan. Dengan begini beban belajarmu akan terasa lebih ringan saat kantuk dan lelah sudah mulai menyerang.

 

 

7. Tandai bagian yang ingin dihapalkan, bila perlu salin di kertas lain dengan bahasamu sendiri agar lebih gampang diingat

tandai bagian yang ingin dihapalkan

Saat sudah kembali menekuni buku catatan dan diktatmu, kamu bisa menandai bagian yang penting dan ingin dihapalkan dengan menggunakan stabilo berwarna cerah seperti kuning, orange, hijau, atau biru muda. Warna-warna cerah juga terbukti bisa menstimulasi ingatan dan memori yang masuk ke otak. Bila perlu kamu bisa menyalin catatanmu kembali dengan bahasamu sendiri yang lebih ringan dan gampang dimengerti.

Menuliskan ulang catatan bisa menjadi cara ampuh untuk sekedar membaca dan mengingat saja. Jika kamu menganggap menyalin ulang hanya membuang waktu, kamu bisa membaca dan menciptakan jembatan keledai yang akan mempermudahmu dalam proses mengingat materi yang masuk di kepala.

Jembatan keledai yang kamu buat bisa menggunakan kalimat lucu yang gampang diingat, seperti ketika kamu menghapal tabel periodik unsur jaman SMA. Kamu biasa menyingkat unsur Beryllium, Magnesium, Calcium, Strontium, Barium, Radium dengan sebutan Bebek Mangan Cacing Seret Banget Rasane. Dengan mengambil setiap dua kata dan menjadikannya menjadi kata lucu yang kalimatnya gampang diingat bisa membantumu untuk menghapal rumus lain atau materi lain yang memang agak susah diingat.

 

 

8. Bagi materi yang kamu pelajari dalam bagian-bagian kecil. Kemudian tentukan tenggat waktu yang harus kamu tepati

buat rangkuman

Selain menyalin catatan dengan bahasa sendiri, kamu juga bisa mempelajari dan membuat rangkuman tiap babnya. Cara ini bisa membantumu untuk mengklasifikasikan bahan yang dipelajari dan mempermudahmu menghapalkan materi yang masuk di dalam kepala. Selain itu, kamu juga bisa memberi target waktu sendiri supaya waktu belajarmu lebih optimal, sehingga tidak terburu-buru atau justru terlalu santai.

Semisal saja yang akan kamu pelajari ada 4 bab, kamu bisa memberi waktu batasan selama 1,5 hingga 2 jam untuk tiap bab. Dengan begini kamu jadi lebih mudah untuk mengorganisir dan waktu belajarmu. Sehingga kamu memiliki tujuan dan target yang jelas selama belajar. Jika dirasa target waktumu bisa terpenuhi kamu bisa sedikit lebih santai dalam belajar, sebaliknya jika waktu yang kamu targetkan menipis dan materi yang kamu kejar masih banyak maka kamu bisa sedikit lebih cepat dan lebih memfokuskan diri dalam membaca materi.

 

 

9. Saat waktu sudah kian malam dan otakmu hampir meledak karena kepenuhan, istirahatlah sejenak. Memaksa diri untuk terus belajar hanya akan memperparah keadaan

tenangkan diri

Walaupun kamu sedang menerapkan Sistem Kebut Semalam, namun otakmu tidak bisa dipaksa untuk bekerja tanpa jeda. Jika dirasa kamu sudah terlalu lelah untuk menyerap informasi, ambillah waktu untuk beristirahat sejenak. Kamu bisa meluangkan waktu 5-10 menit untuk sekedar berjalan melintasi ruangan, stretching, atau mengecek gadgetmu. Tapi yang perlu diingat, jangan lebih dari 5 menit ya, karena hal itu akan membuat fokusmu terpecah belah dan kamu justru malah keasyikan dengan waktu istirahat dan akhirnya akan terdistraksi sepenuhnya.

 

 

10. Menjelang pagi datang mantapkan pemahaman dan usir rasa kantukmu dengan latihan soal

berlatihlah dengan latihan soal

Setelah waktu menghapalkan dan menyerap materi dirasa cukup, kamu bisa mengujinya melalui mengerjakan soal yang kamu temukan di bagian belakang buku diktat atau menjawab kembali soal ujian atau kuis yang lalu (jangan lupa bagian kolom jawaban ditutupi untuk mencegah niatan mencontekmu). Selain menguji terserapnya materi melalui mengerjakan soal uji, kamu juga bisa meminta teman untuk melontarkan pertanyaan melalui apa yang sudah kamu pelajari. Kamu kemudian bisa menandai materi bagian mana yang dirasa kamu masih kurang lancar dalam menjawabnya lalu mengulang mempelajarinya lagi.

 

Jadi, menurut kalian bagaimana? Apakah tips yang anakUNAND beri sudah cukup bermanfaat? Jika kamu punya tips lain yang berguna untuk sistem kebut semalam yang efektif tambahkan di kolom komentar ya!

About Administrator

Profile photo of Administrator
Akun administrator www.anakUNAND.com | selamat berbagi teman-teman semua..! jika ada yang mau ditanyakan ke kami, langsung aja lewat sosmed ya.. :)

Check Also

Ini Dia 5 Alasan Mahasiswa Mesti Masak.

Kehidupan mahasiswa yang super sibuk dan (kadang) tidak teratur membuat mereka cenderung menyukai hal-hal yang ...

Komentar Pembaca